HOME CONTACT ARTIKEL TRAINING

Material Science


Material Science (Pengetahuan Bahan Baku).

Dunia Injection Molding adalah kombinasi dari berbagai disiplin ilmu teknik. Yaitu : Teknik Mesin, Teknik Kimia, dan Teknik Elektro. Penggunaan Bahan Baku terbagi menjadi 2 (dua) bagian besar, yaitu : Bahan Baku Logam dan Bahan Baku Polymer. Aplikasi Bahan Baku Logam terkonsentrasi besar di dalam pembuatan Mesin Injeksi Plastik dan Mold (cetakan). Sedangkan aplikasi Bahan Baku Polymer (Plastic Resin) terkonsentrasi kepada produk Plastic.

Teknik Kimia mendefinisikan jenis-jenis Logam dan Polymer beserta sifat-sifat Cristalisasinya dan sifat-sifat Fisikanya sehingga di dapat angka-angka metrik sebagai data referensi. Kombinasi formulasi antar 2 atau lebih bahan baku terus menerus dipelajari dan diteliti sehingga di dapat nama baru dari bahan baku itu, termasuk juga temuan bahan baku baru orisinil. Perusahaan yang membiayai penelitian bahan baku baru itu berhak atas Paten dan nama bahan bakunya sekalian, karena penelitian ini sangat menguras biaya besar. Bahan baku itu diaplikasikan di dalam membuat Mesin, Mold, dan Produk.

Teknik Mesin menentukan Kekuatan bahan baku secara Fisika yang diperhitungkan dengan seksama di dalam merancang konstruksi Mesin berdasarkan gerakan-gerakan dinamis dan statis sehingga Mesin bekerja dengan baik sesuai perhitungan tersebut. Jadi bentuk dan cara kerja Mesin sudah diperhitungkan dengan sangat cermat dan matang, manusia yang memiliki faktor error LUPA harus ditunjang dengan sistem atau SHOFTWARE. Namun tidak menutup kemungkinan adanya faktor error lain yang mempengaruhi kinerja mesin dari proses hulu sampai hilir, maka diperlukan sekali standard Qualitasnya bagaimana. Prose's pembuatan Mold pun menggunakan konsep yang sama.

Sifat-sifat Fisika suatu Bahan Baku, diantaranya adalah : Titik lebur (Melt Point), Laju Alir dalam kondisi lebur (Flow Rate), Titik Bakar (Flash Point), Titik Annealing (Anneling Point atau Hardening Point), Kekuatan Tarik, Kekuatan Impact, Kekuatan Puntir, Kemampuan Hantar Panas dan Listrik, Recycle or Un-Recycle, Elastisitas atau Kekakuan, Bau, Warna, Rasa (beracun atau tidak), Bentuk (Cair, Gas, atau Padat), Berat, Reaksi secara Kimia dan Fisika, Memilki Tingkat Radiasi seperti apa, dan sifat-sifat Fisikal lainnya.

Teknik Elektro diaplikasikan untuk menjamin penggunaan Listrik dapat menggerakkan mesin dengan baik dan gerakan-gerakan mesin tersebut harus sesuai program dengan memperhatikan faktor keamanan dan kenyamanan.

Stay Tune Sahabat Plastik.

(Keterangan sumber visual : en.wikipedia.org/wiki/Materials_science)