HOME CONTACT ARTIKEL TRAINING

Short Mold Karena Posisi Nozzle Alignment.

Short Mold Karena Posisi Alignment Nozzle.

Untuk membuat suatu produk yang baik pada proses injeksi plastik dibutuhkan beberapa faktor yang dapat kita atur diantaranya adalah faktor Waktu, Kecepatan, Tekanan, Jarak atau Posisi dan Suhu. Kecepatan keluarnya material cair effektif terkait dengan faktor Waktu dan sangat berhubungan dengan setting parameter mesin terjadi pada lubang Nozzle, tepatnya di bagian ujung lubang Nozzle.   

Faktor Waktu yang dimaksud adalah Waktu yang dibutuhkan sesingkat mungkin untuk menghindari terjadinya material stuck atau macet sebelum seluruh ruang di dalam Mold atau cetakan terisi penuh.

Material stuck yang dimaksud adalah material tersebut keburu membeku ditengah jalan selama proses, karena material plastik cair tersebut bersentuhan langsung dengan suhu Mold yang berada jauh di bawah suhu leleh material plastik.Lubang Nozzle tersebut memiliki dimensi dan terkait dengan aliran material cair yang melewatinya dengan kecepatan tertentu. Berikut di bawah ini penjelasannya.

Suatu mesin injeksi plastik memiliki Nozzle dengan diameter lubangnya sebesar 3 mm, berdasarkan setting Kecepatan Injeksi yang dibuat, menghasilkan kecepatan aliran material secara aktual sebesar 1 meter/detik.

Untuk menghitung besaran material yang dikeluarkan selama 1 detik tersebut, terlebih dahulu kita sesuaikan satuannya ke dalam cm. Untuk diameter lubang Nozzle menjadi 0,3 cm. Untuk panjang material yang keluar menjadi 100 cm. Berapa volume material cair yang dikeluarkan dalam 1 detik tersebut dapat dihitung dengan menggunakan rumus (π x Ds²)/4 x L. Dimana, π : 3,14. Ds adalah Diameter Screw, dan L adalah dimensi panjang material yang dikeluarkan. Maka perhitungan dari : (3,14 x 0,3²)/4 x 100 = 7 cm³ untuk setiap detiknya. Bila lamanya total Injeksi sebesar 5 detik, maka volume keseluruhan yang keluar dari lubang Nozzle adalah 7 x 5 = 35 cm³.

Jika gara-gara posisi alignment Nozzle tidak sejajar atau tidak lurus dengan lubang Sprue Bush hingga menutup setengahnya atau sekitar 50% dari lubang Nozzle, maka sebanding lurus dengan material yang dikeluarkan menjadi 7 cm³ x 50% = 3,5 cm³. Sehingga volume material yang dikelauarkan dalam 5 detik total waktu injeksi adalah 3,5 x 5 = 17,5 cm³.

Perhitungan diatas memang tidak absolut, karena belum termasuk menghitung berbagai faktor yang sedikit banyak ikut mempengaruhi hasil perhitungan. Namun secara umum kira-kira dapat mewakili opini atau argumentasi terhadap masalah bersangkutan. 

Stay Tune Sahabat Plastik.