HOME CONTACT ARTIKEL TRAINING

Jalan Menuju SEG Injection Molding Gold Medal

Perjalanan Menuju Predikat Medali Emas untuk Injeksi Plastik dari SEG.

Setiap tahun World Wide Seiko Epson Group [SEG] mengadakan Kompetisi Keahlian [Skill Competition] yang melibatkan perusahaan Epson di seluruh dunia. Baik yang berada di Asia, Eropa, maupun yang berada di Amerika. Beberapa diantara yang diperlombakan adalah Keahlian Kerja Bangku [Manual Precision Skill] yang mengerjakan beberapa bentuk sulit dengan menggunakan bahan baku besi, Keahlian Permesinan [Machinery Precision Skill] yang mengerjakan bentuk-bentuk sulit seperti Jig dan Fixture dengan menggunakan mesin perkakas besi secara manual maupun secara otomatis, Keahlian Kelistrikan Arus Kuat [Electric Skill], Keahlian Mekatronik [Mechanic-Electronik Skill] yang mengerjakan program-program otomatisasi [automation] seperti pemograman tangan-tangan Robot yang biasanya digunakan dalam proses pengemasan di industri-industri, dan keahlian lainnya. 

Dalam hal ini setiap anak perusahaan yang tergabung dalam Seiko Epson Group harus mengirimkan wakil-wakil terbaiknya untuk diikutkan di dalam Kompetisi Keahlian ini, orang bilang semacam Olimpiade Keahlian Dunia dalam satu perusahaan kelas Dunia. Tentu saja pesertanya berasal dari berbagai macam bangsa, bahasa, dan negara. Dan jumlah peserta kompetisi ini mencapai angka lebih dari 2000 orang untuk berbagai kategori keahlian. Namun pelaksanaan Kompetisi dilakukan pada masing-masing perusahaan dengan diawasi langsung oleh wakil yang datang dari Jepang [Seiko Epson Group] dan juga PIC untuk masing-masing kategory, dalam hal ini penulis bertanggung jawab atas pelaksanaan Pelatihan [Training] sebagai Instruktur dan pelaksanaan Kompetisi baik secara teori maupun praktek dengan didampingi seorang pengawas dan Advisor orang Jepang yaitu Mr. Takahashi Hatsuhiko. Untuk di Indonesia ada 2 perusahaan Epson yaitu PT. Indonesia Epson Industry [IEI] dan PT. Epson Batam [PEB]. 

Dari sekian Keahlian yang di Kompetisikan, tentu saja Seiko Epson Group memasukan Keahlian Injeksi Plastik [Injection Molding Skill] sebagai salah satu Cabang Keahlian. Latar belakang dimasukkannya Keahlian ini adalah tak lain dan tak bukan dikarenakan produk Epson lebih banyak menggunakan Plastik pada setiap produk yang dikeluarkannya. Maka untuk menjamin kelancaran proses pembuatan suku cadang plastik yang baik dan berkualitas harus ditangani oleh orang yang benar-benar ahli dan terlatih. 

Tahun 2009 lalu adalah tahun pelaksanaan Kompetisi Keahlian yang ke 36. Kompetisinya sendiri dilaksanakan di awal bulan November 2009 sampai dengan pertengahan bulan Desember 2009. Untuk di PT. Indonesia Epson Industry [IEI] pada kategori Injection Molding Skill dilakukan persiapan untuk menghadapi Kompetisi ini jauh-jauh hari sebelumnya, yaitu dengan mengadakan Training dari bulan Maret 2009 sampai dengan bulan November 2009 baik secara teori maupun praktek. Para pemenang dan potensi pemenang diumumkan pada bulan Februari 2010, serta penyerahan penghargaan dan sertifikat dilaksanakan pada bulan Maret 2010. 

Pembukaan pendaftaran peserta Injection Molding Training di PT. IEI dilaksanakan pada bulan Februari 2009 dengan target prioritas departemen yang berhubungan langsung dengan Proses Injeksi Plastik. Pada saat itu terdaftar 20 peserta, namun pada pelaksanaannya hingga Kompetisi tiba tersisa 8 orang peserta. Sehingga untuk Kompetisi diikuti oleh 8 peserta yang konsisten mengikuti Training. Dari 8 peserta tersebut, 1 orang berhasil tembus meraih Predikat Medali Emas atas nama Bp Engkos Kosasih dari departemen Part Production 1 mengalahkan kompetitor kuat dari Filipina dan China yang biasanya menjadi langganan Predikat Medali Emas. 1 orang berhasil meraih Predikat Medali Perunggu atas nama Bp Sarmilih dari departemen Part Production 1, dan 1 orang lagi berpotensi meraih predikat Medal atas nama Bp Tri Cahyono dari departemen Part Production 2. Perlu digaris bawahi disini adalah bahwa, baru kali inilah PT. IEI mendapatkan predikat Medali Emas untuk kategori Injection Molding. 

Pengambilan photo tersebut dilakukan setelah penyerahan sertifikat yang langsung diberikan oleh Presiden Directur PT. IEI yaitu Mr. Oguchi Takashi [berkemeja putih] pada saat Manajer Meeting hari senin tanggal 1 Maret 2010. Disebelah Mr. Oguchi Takashi adalah penulis yang mewakili Bp Engkos Kosasih peraih predikat Gold Medal yang kebetulan berhalangan hadir, dan disebelahnya lagi adalah Bp Sarmilih peraih predikat Bronze Medal. Yang lainnya adalah peraih predikat Medal untuk kategori keahlian yang lain. 

Stay Tune Sahabat Plastik