HOME CONTACT ARTIKEL TRAINING

Detail Gerakan Menutup Cetakan


Detail Gerakan Menutup Cetakan, Mold Close Movement Detail.

Dalam 1 siklus (Cycle) kerja proses injeksi, diawali oleh proses Menutup Cetakan. Istilah Mold dalam dunia Injeksi Plastik adalah cetakan untuk Proses Injeksi Plastik. Mold itu sendiri terdiri dari 2 bagian besar yaitu sisi “Core” dan sisi “Cavity”. Sisi Cavity diikat pada “Stationery Platen” Mesin Injeksi. Sedangkan sisi Core diikat pada “Moving Platen” mesin, bagian inilah yang bergerak membuka dan menutup. Pada proses menutup terbagi menjadi 4 urutan proses, yaitu :

1. Gerakan menutup pada kecepatan perlahan dengan tekanan rendah. (Low Mold Close Velocity & Low Mold Close Pressure). Tekanan yang dimaksud adalah tekanan hidrolik.
2. Gerakan menutup pada kecepatan tinggi dengan tekanan rendah. (High Mold Close Velocity & Low Mold Close Pressure).
3. Gerakan menutup pada kecepatan perlahan dengan tekanan rendah. (Low Mold Close Velocity & Low Mold Close Pressure).
4. Menghimpit Cetakan dengan Tekanan Tinggi (High Mold Clamp).

Gerakan 1 sampai dengan 3 dilakukan dengan tekanan rendah. Untuk konstruksi mesin hidrolik pada gambar 1a. Adalah mesin Tipe Hidrolik Langsung (Direct Hydrolic Type). Adapun prinsip kerjanya adalah : Tekanan hidrolik bekerja pada 2 lubang aliran (Port). Yang pertama, bekerja pada sisi lubang untuk membuka katup sehingga terbuka bagi aliran oli Hidrolik antara Tangki Oli (Oil Tank) dan ruang Silinder Klam (Clamp Cylinder) yaitu Port-C. Dan yang ke 2, bekerja pada sisi lubang yang mengalir ke ruang Silider Boster (Booster Cylinder) dengan tekanan yang bisa kita atur, yaitu Port-A. Seperti diperlihatkan pada gambar. Dimisalkan tekanan pompa hidrolik maksimal 150 kg/cm² (tergantung spesifikasi pompa yang digunakan mesin), sehingga bila kita atur 25% dari kemampuan maksimal pompa maka didapat tekanan sebesar 37.5 kg/cm². Untuk mencari besaran gaya yang ditimbulkan, kita menggunakan rumus dasar F = P x A. F adalah Force, P adalah tekanan hidrolik yang berasal dari pompa hidrolik, dan A adalah luas penampang (Untuk penampang bulat : (п x D²)/4) dimana п adalah 3,14 dan D adalah Diameter. Sehingga dari hasil perhitungan tersebut di dapat gaya (F) sebesar 6,6 ton. Gaya sebesar ini juga dimanfaatkan untuk menghisap Oli dari Tangki Oli ke dalam ruang Clamp Cylinder.

Perihal kecepatan, juga tergantung spesifikasi pompa hidrolik. Berapa besar debit aliran (dalam Liter permenit) yang bisa dihasilkan. Pengaturan kecepatan kita atur berdasarkan posisi-posisi pada sensor 1-2-3 (lihat gambar). Posisi sensor 1 untuk kecepatan rendah, Posisi sensor 2 untuk kecepatan tinggi, dan posisi sensor 3 untuk kecepatan rendah. Dikarenakan volume ruang Booster Cylinder yang relative kecil untuk debit pompa yang relative besar, maka pengaturan kecepatan tinggi dimungkinkan.

Mold Clamp dengan tekanan tinggi dikonfirmasikan oleh sensor 4 yang telah kita atur selimit mungkin. Terlebih dahulu tekanan hidrolik yang tadinya bekerja pada Port-C dihilangkan sehingga katup kembali tertutup oleh tekanan per (Spring) sehingga Oli yang sudah masuk ke ruang Clamp Cylinder terjebak. Kemudian tekanan hidrolik dialihkan ke Port-B dan Port-A. Seperti dimisalkan pada gambar 1b. Kapasitas Mold Clamp mesin adalah 200 ton. Pengaturan yang kita buat adalah 95% dari maksimal kapasitas tekanan pompa hidrolik, sehingga dari hasil perhitungan didapat Mold Clamp sebesar 190 ton. Tidak hanya itu, kitapun bisa mengetahui luas penampang Batang Klam (Clamp Bar), juga diameter Clamp Bar itu sendiri.
 
Catatan : Posisi sensor 1-2-3-4 bisa kita ubah-ubah sesuai cetakan yang dipasang ke mesin. Untuk mesin yang sudah digital tinggal kita atur nilainya untul masing-masing posisi 1-2-3-4 tersebut.

Stay tune sahabat plastik.

14 komentar:

widhi's files mengatakan...

Pak, untuk type mesin mitsubishi lama, saya pernah salah setting sensor clamping dengan jarak start clamp yang terlalu cepat sehingga menimbulkan bunyi clamping yang dasyat sampai ke office atas, apakah hal ini bisa di cegah?

Hadi Wijaya mengatakan...

Seperti posting di atas mengenai sensor 4 yg diatur se limit mungkin. Maksudnya dari menutup sempurna yaitu pada posisi 0.0 mm. Tetapi aktualnya mesin tidak bisa sampai 0.0 hanya mampu Close diposisi 0.5 mm karena faktor slider atau lainnya, maka kita setting mendekat itu yaitu 0.6 sampai 1.0 mm. Bila kita setting 10 mm (misal salah ketik di board kontrol) maka nilai itu cukup akan menimbulkan tumbukan keras. Maka Hati-hati dan periksa ulang setiap perubahan setting yg kita buat.

dodolz mengatakan...

sebenarnya perbadaan Mendasar dari injection Mouldin dan blow moulding itu apa ?
apakah material,desain produk, dan setting parameter proses juga berpengaruh..
mohon penjelasannya.se detail-deatilnya

Hengky Sugiyanto mengatakan...

pak saya hengki mohon di ceritakan secara jelas prinsip kerja robot pada mesin injection molding

Hengky Sugiyanto mengatakan...

pak saya hengki mohon di jelaskan prinsip kerja robot pada mesin injection molding

keith mengatakan...

pak hadi.. saya msh belajar dalam proses moulding... ada satu mesin van dorn kadang2 suka mengeluarkan plastik cair dengan tekanan tinggi (muncrat)dari matresnya (mould).. dan ada beberapa yg jadi korban.. saya belum tahu pasti penyebabnya apakah karena tekanan yang kurang dalam proses high mould close. atau karena matress yang sudah usang

umar mengatakan...

Blog Anda sangat menarik
Mohon dibahas juga mengenai persiapan pemasangan mesin injection molding. Mulai dari desain bangunan, pondasi mesin dan hal-hal yang harus diperhatikan dalam pemasangan mesin
Terima kasih

Unknown mengatakan...

Menarik untuk dipelajari, tambahin tentang perbaikanya pak. Maaf engenering baru, masih belajar Terimakasih

Unknown mengatakan...

Pa sy pemula mohon penjelasan ny,pungsi tombol tombol pada layar monitor,dan merk mesin tsb haitian trmksh atas ilmu ny.

Unknown mengatakan...

Pa sy pemula mohon penjelasan ny,pungsi tombol tombol pada layar monitor,dan merk mesin tsb haitian trmksh atas ilmu ny.

Unknown mengatakan...

Info yang sangat membantu ketika saya bekerja menangani mesin seperti ini dalam jumlah banyak tanpa pengalaman sedikitpun... hehehe

Unknown mengatakan...

Pak saya mau penjelasan tentang cara kerja mesin produksi kantong plastik dlm pengeleman nya .atau dari alat mesin yg slalu meninbulkan sobek selain dari bahan material

Unknown mengatakan...

Pak hadi apakah bisa per orangan mengikuti kursus plastik injeksi?
Kebetulan saya bekerja di bidang injeksi plastik dan tempat kerja blm memfasilitasi training nya.yang ada pasa belajar otodidak dan bertanya pada senior

Unknown mengatakan...

Sebenarnya bisa di awali dgn beli ebook nya.