HOME CONTACT ARTIKEL TRAINING

Nozzle dan Sprue Bush.

Nozzle dan Sprue Bush.   

Ada beberapa ketentuan mengenai aplikasi Nozle dan Sprue Bush. Ini sangat penting karena mempengaruhi proses sebelum produksi [Injection Trial] maupun pada saat produksi. Seperti diperlihat pada gambar, ada 2 ketentuan yang harus dipenuhi, yaitu :  

R = r x (1+(0~0,5))

Dimana R adalah Radius pada Sprue Bush, dan r adalah radius pada Nozle Mesin injeksi. Ataupun secara singkat bisa juga dinyatakan bahwa Radius R Sprue Bush harus lebih besar dari pada radius r Nozle Mesin Injeksi.   

Bila yang terjadi adalah sebaliknya, yaitu radius r lebih besar dari Radius R, maka lubang Nozle dan lubang Sprue Bush tidak akan dapat bersentuhan langsung. Sebagian material plastik akan mengisi celah antara Nozle dan Sprue Bush [berbentuk Payung], akibatnya Runner akan patah pada saat proses pengambilan Runner, dan akan sulit untuk dikeluarkan dari Mold. Walaupun bisa diatasi dengan menggunakan stick kuningan yang dihantamkan ke bagian R Sprue Bush untuk mengambil Runner yang terjebak tersebut, namun tetap saja akan mengganggu aktifitas produksi, karena seringnya alarm berbunyi dari Robot yang mengambil Runner.   

D = d x (0,5~1)

Dimana D adalah Diameter lubang Sprue Bush, dan d adalah diamater lubang Nozle Mesin Injeksi. Bisa juga dinyatakan bahwa diameter d lubang Nozle Mesin Injeksi harus sama dengan, atau lebih kecil dari pada lubang Diameter D lubang Sprue Bush Mold.   

Bila yang terjadi adalah diameter d lubang Nozle Mesin Injeksi lebih besar dari pada Diameter D lubang Sprue Bush, maka yang terjadi adalah Runner akan membentuk Step yang mengakibatkan Runner akan patah pada saat proses pengambilan Runner, dan akan sulit dikeluarkan dari Mold. Walaupun bisa diatasi dengan menggunakan stick kuningan yang dihantamkan ke bagian Sprue Bush untuk mengambil runner dengan menghilangkan bentuk step tersebut, namun tetap saja akan mengganggu aktifitas produksi, karena seringnya alarm berbunyi dari Robot yang mengambil Runner.   

Diameter d lubang Nozle pun tidak boleh terlalu kecil, karena akan mengganggu Debit aliran material plastik cair sehingga akan menimbulkan masalah pada produk yang dihasilkan. Effek yang sama terjadi apabila lubang Nozle dan lubang Sprue Bush tidak dalam satu garis pusat, maka lubang tersedia untuk mengalirkan material plastik cair akan sempit atau terlalu kecil dan juga mengganggu Debit aliran material.   

Stay Tune Sahabat Plastik